Sabtu, 26 November 2011

Hari Guru 25 Desember 2011

Indah rasanya mendengar kalau guru punya hari yang sering di peringati,Hati  merasa tersanjung  kalau kita dengan hikmad mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari guru..... Kita punya hari yaaaa,kita punya kebanggaan yaaa......itulah yang berkecamuk dalam gundah gulana hati.....tapi kita sebagai guru tidak boleh terlena,hanya karena di peringati....kita tak boleh takabur walau kita sudah punya HARI GURU.......Apa yaaa...yang harus kita lakukan dengan hari guru ini....?Gaji ada...Tunjangan Funsional ada....Sertifikasi bagi yang sudah bersertifikasi tunjangan ada.....Bagaimana kalau di hari guru ini kita gunakan monentum...GURU HARUS MAJU.....!!!!!
Pernahkah kita berevaluasi diri.....,pernahkah kita menengok kebelakang apa karya karya kita hari kemarin...?
Samapai sejauh mana kita...berkarya layaknya seorang sastrawa,layaknya seorang seniman....terus dan terus berbenah diri untuk membuat karya karya kita agar lebih baik dari pada kemarin.....,
Memang manusiawi kalau kita masih kurang..."namanya juga manusia.....apa lagi harga mulai naik...,anak yang sekolah..SPP ikut naik...belum adiknya yang merengek pengen mainan belum istri yang nuntut segala macam seperti yang di miliki tetangga...pusing...pusing .....pusing...,

Tapi apa iya...dengan beban hidup yang semakin berat,tuntutan zaman yang harus kita penuhi,kita berhenti berkarya????.hanya Monoton karya yang kita sajikan dari hari ke hari dari bulan ke bulan dan tidak ada perubahan....????
Bagaimana kalau di monentum hari guru ini kita BANGKIT!!! Kita BERGAIRAH!!!,KITA LEBIH MAJU!!! 
Bagai mana kita memulai....,Dari mana kita akan ber awal....????
Karta KIT...AAAA, Berarti dari KITA kita ya saya...anda yang membaca...KITA SEMUA yang merasa menjadi GURU....(di GUGU lan DI TIRU red Bhs Jawa artinya apa yang kita ucapkan di depan kelas di percaya betul...sama anak didik kita...dan tingkah laku kita menjadi cermin perilaku anak anak didik kita...) apa ia......????
Ayo kita memulai dari hal yang kecilll....Memeriksa data (catatan )anak didik kita...bagaimana latar belakang keluarganya...Riwayat penyakitnya...,mungkin banyak yang harus kita gali sebelum kita masuk kedalam kelas..tahun ajaran pertama....(karena kita harus dekat dan tau tentang anak didik kita),kita mulai menyiapkan materi buat besuk...sebelum kita masuk ke kelas...metode apa yang kita gunakan..media apa yang akan kita sajikan..Model pembelajaran apa yang pantas dengan pokok bahasan kita... (kelihatanya indah kalau kita bisa melakukan...tapi kadang berat untuk memulai...itu tantangan kita...itu karya kita yang harus kita rubah....!! semoga tulisan ini menggugah semangat saya dan anda yang mau berubah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar